Wednesday, February 6, 2013

Berbagai Hukum Logika yang mengagumkan

Logika adalah akal sehat. Dari sana lah munsul filsafat sebagai dasar dari berbagai macam cabang ilmu. Dengan logika, anda akan tahu kemungkinan terbaik dan terburuk dari hal yang anda lihat dan anda rasakan. Tanpa panjang lebar, berikut saya mau share sedikit teka-teki yang membutuhkan logika untuk menyekesaikanny. ( Selamat berlogika! )


1. Pemburu Beruang.
  
Seorang pemburu beruang, setelah selesai sarapan pagi berjalan dari tempat berkemahnya sejauh 1 km ke arah selatan. Di sini, dia bertemu satu ekor beruang. Beruang tersebut ditembaknya, dan lari ke arah timur sejauh 1 km. Dari sini pemburu tidak menemukan beruang, akan tetapi terlihat jejaknya yang berjalan ke arah utara. Pemburu tersebut berjalan mengikuti jejak beruang tersebut. Setelah berjalan 1 km, sampailah dia ke kemahnya.
Pertanyaannya : Berwarna apakah beruang yang diburu oleh pemburu tersebut ?


2. Label Yang Salah 

Tiga kotak masing-masing ditempel dengan satu tulisan. 'Apel' , 'Jeruk' , dan 'Apel dan Jeruk'. Tiap-tiap label tersebut tidak benar. Anda dapat memilih hanya ada 1 buah dalam 1 kotak ( mengambilnya tanpa perasaan dan tak boleh memilih ). Bagaimana caranya memberi label pada ketiga kotak tersebut dengan benar? 


3. Benar atau salah

Seorang misionaris mengunjungi sebuah pulau dimana terdapat dua kelompok penduduk. Satu kelompok selalu berkata yang benar, sedangkan kelompok lain selalu berkata bohong. Kelompok yang selalu berkata benar tinggal di bagian barat pulau tersebut. Sedangkan kelompok pembohong tinggal di bagian timur pulau. Problem bagi misionaris itu adalah menentukan mana kelompok yang jujur dan manakah kelompok pembohong hanya dengan satu kali pertanyaan saja.
Misionaris itu melihat seorang berjalan di kejauhan, dan disuruhnya utusan serta berkata : " Pergi dan tanyakan pada orang itu, di sebelah mana dia tinggal di pulau ini ".
Pada waktu utusan itu kembali padanya, dia menjawab : " Dia berkata bahwa dia tinggal di sebelah barat pulau ini".
Apakah utusan ini berkata benar atau seorang pembohong? Bagaimana anda dapat memastikannya?

No comments:

Post a Comment